Kamis, 26 Juni 2014

Etika Bisnis Warteg



TUGAS SOFTSKILL I
ETIKA BISNIS WARTEG

Etika dan Profesionalisme Teknologi Sistem Informasi

Dosen : I Wayan Simri Wicaksana
Nama : Zulhilmi
NPM : 18110841
Kelas : 4KA32



Warteg
Warteg merupakan tempat makan yang banyak pilihan makanan serta harganya terjangkau. Warteg sering disebut Warung Tegal, akan tetapi tidak semua penjualnya orang jawa. Warteg selalu berada di lokasi yang strategis seperti dekat perkantoran, sekolah, bahkan kampus. Karena warteg dapat menyesuaikan dengan pendapatan orang pekerja disekitarnya. Selain harga terjangkau serta banyak makanan yang di dapat. tidak hanya satu macam saja. 
Kasus :
Saya disini akan membahas warteg sederhana, warteg ini merupakan warteg yang banyak pengunjungnya, baik mahasiswa, orang sipil, dll. Warteg ini harganya minimal dari Rp.5.000,-. Warteg ini kadang pula buka 24 jam, mulai ramai pembeli sekitar pukul 07.00 WIB dan siang hari pukul 11.30 WIB. Warteg ini mempekerjakan sekitar 4 orang, selain pekerja orang jawa, ada juga pekerja orang sekitar tetapi tidak tetap.
Manfaat yang didapat dari warteg ini yaitu yang pertama harga terjangkau, lokasi startegis, dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang sekitar (warga sekitar). Mungkin dapat disimpulkan dari hasil analisis ini, membuka tempat makan di sekitar kampus mampu meningkatkan penghasilan yang besar, dengan catatan harga terjangkau dengan lingkup Mahasiswa.




Peralatan yang Dibutuhkan :

1.Meja dan kursi
2.Etalase untuk meletakkan makanan yang di sajikan
3.Lemari ES
4.Kompor dan tabung gas
5.Rice cooker
6.Wastafel
7.Dispenser dan gallon
8.Peralatan makan
9.Peralatan masak

Tips untuk mempertahankan pelanggan

1.Anda bisa menyebarkan brosur yang menarik calon pelanggan,jangan lupa cantumkan menu makanan dengan harga yang miring.Buat kalimat semenarik mungkin seperti,”Makan Kenyang Cukup Rp.5000”
2.Untuk hari pertama,anda bisa memberikan bonus istimewa.Anda bisa menggratiskan semua makanan pada hari pertama pembukaan warung.Namun di batasi untuk 20 pengunjung pertama. Agar lebih ramai, anda bisa menyebarkan undangan pada para mahasiswa,tukang becak,sopir angkot,atau orang-orang yang lewat sekitar situ.Dijamin,bila mereka cocok dengan masakan anda,mereka akan kembali.
3.Berikan fasilitas tambahan seperti layanan pesan antar dengan menu masakan paket dan minimal harga.
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar