Senin, 07 November 2011

Tugas 3 Teori organisasi umum 1

Tugas 3

1.jelaskan tentang kontak dalam ORG:
a.faktor yang menyebabkan:
Beberapa factor akan mempengaruhi efektivitas komunikasi dalam organisasi. Saluran komunikasi formal, struktur wewenang organisasi, spesialisasi kerja dan kepemilikan informasi.
1. Saluran formal
Saluran komunikasi formal diturunkan dari struktur organisasi formal. Saluran tersebut mempunyai sisi positif maupun negative. Seorang bawahan akan cenderung melaporkan situasi kepada atasannya langsung. Kemudian atasan tersebut akan melaporkan ke manajemen yang lebih tinggi. Di satu pihak, hal semacam itu mempunyai sisi positif karena menyaring informasi ke atas, di lain pihak situasi semacam itu dapat membuat distorsi komunikasi ke atas. Saluran komunikasi formal juga membuat komunikasi menjadi tidak fleksibel karena seorang karyawan akan cenderung berkomunikasi dengan karyawan lain dari bagian yang sama. Namun demikian komunikasi mempunyai sisi positif, karena akan meningkatkan intensitas komunikasi karyawan pada bagian yang sama

2. Struktur wewenang
Perbedaan status dan kekuasaan dalam organisasi akan menentukan siapa yang dapat bicara dengan siapa. Jika perbedaan status dan wewenang antara dua pihak cukup besar, komunikasi cenderung tidak akan efektif. Sebagai contoh, Direktur Utama suatu organisasi akan sulit bicara secara leluasa dengan tukang kebunnya. Kemungkinan keduanya membicarakan sesuatu yang penting tidak akan terjadi. “Basa basi” akan lebih banyak terjadi antara keduanya.

3. Spesialisasi kerja
Spesialisasi kerja membuat komunikasi menjadi lebih efektif antar anggota organisasi dalam bagian yang sama. Setiap bagian mempunyai kebiasasan atau istilah yang khas yang membedakan dengan bagain lainnya. Sebaliknya, spesialisasi kerja akan cenderung menghambat komunikasi antar bagian yang berbeda, karena bagian yang berbeda tersebut mmepunyai sitilah atau kebiasaan yang berbeda satu sama lainnya.
4. Kepemilikan Informasi
Orang-orang tersebut akan mempunyai informasi tertentu yang membuat dirinya menjadi sukses. Sebagai contoh, salesman barangkali mempunyai teknik menjual yang sangat baik, manajer produksi mengembangkan lay out produksi yang sangat efisien, dan manajer bagian riset mempunyai informasi produk baru yang sangat potensial dikembangkan. Orang-orang tersebut kadang-kadang tidak ingin menyebarkan informasi penting tersebut ke pihak lain. Karena itu informasi yang efektif akan terganggu.

b.mediator yang menyelesaikan:
Menurut saya adalah suatu peringatan atasan atau orang yang bertugas dan punya wewenang untuk memberikan surat peringatan kepada pegawai atau siapa saja yang ada di dalam organisasi/perusahaan tersebut apabila ia melanggar suatu peraturan yang ada dalam perusahaan tempat ia bekerja, sehingga ia harus menerima sanksi atau hukuman yang telah di tentukan oleh perusahaan tersebut, bahkan apabila saksinya berat ia bisa di keluarkan atau dikenakan denda dari perusahaan tersebut.
Pemegang saham keluar, biasanya seorang pemegang saham keluar dari suatu perusahaan dan mengambil semua saham yang menjadi miliknya di karenakan dia melihat kinerja perusahaan tersebut telah menurun atau tidak bisa berkembang lagi, inilah salah satu factor yang menyebabkan suatu perusahaan mengalami kebangkrutan, karna kurangnya modal usaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar