Selasa, 10 April 2012

tugas 3 dan 4 teori organisasi umum 2

1.pengertian konsumen
Pengertian Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.
2.pendeketan perilaku konsumen
pendektan kardinal
- asumsi
Kepuasan seorang konsumen dalam mengkonsumsi suatu barangdapat diukur dengan satuan kepuasan (misalnya mata uang.Setiap tambahan satu unit barang yang dikonsumsi akanmenambash kepuasan yang diperoleh konsumen tersebutdalam jumlah tertentu.Tambahan kepuasan yang diperoleh dari penambahan jumlahbarang yang dikonsumsi disebut kepuasan marginal(MarginalUtility)Berlaku hukum tambahan kepuasan yang semakin menurun(TheLaw of Diminishing Marginal Utility),yaitu besarnya kepuasanmarginal akan selalu menurun dengan bertambahnya jumlahbarang yang dikonsumsi secara terus menerus.
pendekatan ordinal

Kelemahan pendekatan kardinal terletak pada anggapan yangdigunakan bahwa kepuasan konsumen dari mengkonsumsibarang dapat diukur dengan satuan kepuasan. Padakenyataannya pengukuran semacam ini sulit dilakukan.

Pendekatan ordinal mengukur kepuasan konsumen denganangka ordinal (relatif).

Tingkat kepuasan konsumen dengan menggunakankurvaindiferens(kurva yg menunjukkan tingkat kombinasi jumlahbarang yang dikonsumsi yang menghasilkan tingkat kepuasanyang sama).
3.konsep elastisitas dan jenis-jenisnya
elastisitas adalah Ukuran respon perubahan variabel dependen akibat perubahan variabel independen
- Elastisitas Harga Permintaan (the price elasticity of demand)
Elastisitas harga permintaan adalah derajat kepekaan/ respon jumlah permintaan akibat perubahan harga barang tersebut atau dengan kata lain merupakan perbadingan daripada persentasi perubahan jumlah barang yang diminta dengan prosentase perubahan pada harga di pasar, sesuai dengan hukum permintaan, dimana jika harga naik, maka kuantitas barang turun Dan sebaliknya
- Elastisitas Silang (The Cross Price Elasticity of demand)
Permintaan konsumen terhadap suatu barang tidak hanya tergantung pada harga barang tersebut. Tetapi juga pada preferensi konsumen, harga barang subsitusi dan komplementer Dan juga pendapatan.
- Elastisitas Pendapatan (The Income Elasticity of Demand)
Suatu perubahan (peningkatan/penurunan) daripada pendapatan konsumer akan berpengaruh terhadap permintaan berbagai barang, besarnya pengaruh perobahan tersebut diukur dengan apa yang disebut elastisitas pendapatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar